Minggu, 28 Juli 2013

Bahan-Bahan Berbahaya pada Kosmetik

Hello world wide! Merkuri, hidrokuinon, adalah bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan problem fatal pada kulit. Mungkin keduanya dapat memutihkan kulit secara 'instan' namun dampak negatif nya akan terasa beberapa waktu ke depan. Gak percaya??? Coba aja..gak deng, kecuali kalo kamu pingin kulit kamu memerah ruam-ruam kayak kepiting rebus *sigh*

Untuk yang memiliki jenis kulit sensitif, efek merkuri secara tidak langsung akan terasa saat pertama kali pemakaian contoh kasus, wajah memerah panas rasanya seperti terbakar, mual-mual, bahkan pusing. Tapi tidak semua orang dianugerahi pengindraan yang se-sensitif itu. 

Bahan berbahaya yang kita bahas disini tarafnya masih tingkat bawahan tapi jangan disepelekan, penggunanaan dalam konsentrasi besar & jangka waktu panjang bisa menimbulkan efek bagi kesehatan.
Tanpa disadari bahan berikut masih sangat familiar tercantum dalam ingridients produk yang sering kita gunakan sehari-hari, sebenarnya bahan dibawah ini reaksinya tidak seburuk merkuri atau hidrokuinon, bahkan bahan-bahan tersebut masih sering ditemukan dalam produk perawatan baik produk lokal maupun produk luar. apa sajakah bahan-bahan tersebut? Check yaa barang kali bahan-bahan tersebut terkandung dalam bedak, pelembab, facial wash atau body lotion kalian.

1. Phthalates
    Bahan satu ini digunakan dalam produk kosmetik untuk menyamarkan noda. Sayangnya bahan ini berbahaya bagi organ reproduksi karena dapat menciptakan racun dalam tubuh. Ia juga dituding sebagai bahan pemicu kanker.

2. Triclosan
    Sering dengar istilah ini pada iklan handsanitizer? YUP bahan ini dikenal ampuh untuk membasmi bakteri. Bahan anti bakteri ini diduga dapat meningkatkan reaksi alergi dan mengacaukan fungsi hormon. Triclosan sampai saat ini masih digunakan dan konon membuat tubuh kebal terhadap antibiotik.

3. Propylene Glicol
    Biasanya bahan ini terdapat pada detergen. foaming, atau conditioner. Kandungannya dapat membuat iritasi pada kulit, sakit kepala, mual, dll.

4. Paraben
    adalah bahan dalam kosmetik yang digunakan untuk mencegah berkembangnya bakteri disana. Selain itu paraben berperan aktif sebagai pengawet kosmetik. Namun sekian berkembangnya zaman paraben diketahui sebagai pemicu kanker payudara, meningkatkan penuaan dini, serta merusak DNA.

 5. SLS
     Siapa disini yang seneng main sabun? Pada umumnya kegiatan yang paling disenangi orang dalam ritual mandi adalah pada saat sabunan, apalagi kalau busa nya banyak. Eitss ntar dulu, tapi kenapa ya busa sabun bisa banyak? Btw bahaya gak sih main busa-busaan kayak gitu? Nah, si SLS inilah yang menyebabkan busa sabun melimpah ruah. SLS (Sodium Lauryl Sulfate) adalah detergen adan surfaktan yang biasa digunakan untuk menciptakan efek busah. haha. produk ini biasa ditemui pada produk perawatan tubuh seperti shampo, sabun, pasta gigi, dll. Entah kenapa ibu-ibu lebih sumringah jika menggunakan produk yang memiliki busah melimpah ruah, padahal sebagai zat yang bersifat pengemulsi, sifatnya membuat kulit kering dan teriritasi. Apalagi jika digunakan dalam konsentrasi yang besar.


Nah ibu-ibu, mbak-mbak, ade-ade, udah pada tau kan bahan apa saja yang berbahaya buat tubuh kita? Memang efeknya ngga akan terasa sekarang tapi belasan tahun kedepan. Coba deh cek produk perawatan kalian apakah masih ada yang mengandung paraben, triclosan, atau SLS? Kalau ada, hmmm sebaiknya ganti sama produk yang lebih 'ramah lingkungan'. Kesehatan itu adalah ASET sesungguhnya ya adek-adek.. Lebih mahal dari apartemen, lebih mahal dari ferari, so untuk apa punya harta melimpah ruah jika penyakit berbicara dalam sekejap lenyaplah sudah itu semua yang tersisa hanya ucapan 'innalillahi...' =D ngeri kan yaaa, makanya sebisa mungkin kita cari aman aja yak atau biasakan dengan pola hidup back to nature yuuuu. Sekian info dari saya, semoga bermanfaat <3 Love y'all <3


By : Summerizka

Tidak ada komentar: